PEMERINTAHAN.com

Senin, 15 September 2014

Filled Under: , , , , ,

Jokowi Pastikan Ada 34 Kementerian di Pemerintahannya

Pemerintahan RI


 PEMERINTAHAN.COM
JAKARTA, KOMPAS.com — Presiden terpilih Joko Widodo dan wakil presiden terpilih Jusuf Kalla mengumumkan postur kabinet dalam pemerintahan mendatang. Jokowi memastikan ada 34 kementerian yang mengisi kabinetnya. Hal tersebut disampaikan Jokowi-JK bersama Tim Transisi di Kantor Transisi, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (15/9/2014) petang.

Jumlah kementerian ini sama dengan jumlah kementerian yang ada di pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono-Boediono saat ini.

"Guna memastikan pemerintahan agar berjalan dengan efektif sesuai dengan sistem presidensial yang kita anut, dan juga untuk terciptanya pemerintahan yang bekerja dan pemerintahan yang hadir di tengah rakyat dan pemerintahan yang terkonsolidasi, kami putuskan jumlahnya ada 34 kementerian," kata Jokowi.

Para menteri yang akan duduk di kabinet Jokowi-JK dan Tim Transisi berasal dari kalangan profesional dan partai politik.

"Nanti akan diduduki oleh 18 profesional dan 16 profesional (dari) partai. Menko tetap tiga. Wamen sementara ya mungkin masih diperlukan di (Kementerian) Luar Negeri," ujarnya.

Jokowi menilai, jumlah 34 kementerian tersebut masih wajar dan tidak bertujuan untuk bagi-bagi kekuasaan. 

"Saya sudah berikan contoh negara tetangga, Malaysia, penduduknya 24 juta. Kementerian ada 24. Kita 240 juta, harusnya 240 kementerian," ujar Jokowi.
Pemerintahan INDONESIA
@pemerintahanRI

 

0 komentar:

Posting Komentar